Kepemilikan Belum Sempurna

Kepemilikan Belum Sempurna

Kepemilikan Belum Sempurna

Pada akad jual-beli antara nasabah dan bank kredit pemilikan rumah KPR (syariah) terdapat kesepakatan bahwa bank akan mengadakan (membeli) properti dan setelah itu disewakan kepada nasabah. Kesepakatan ini menunjukkan bahwa, pada saat melangsungkan akad (transaksi) bank sebenarnya belum membeli properti dan tentu saja belum memiliki properti tersebut. Namun, bank sudah melakukan transaksi menyewakan dan bahkan mengalihkan pemilikan properti tersebut. Dengan demikian, hal ini menyalahi ketentuan syariah.

Jika pihak bank menganggap telah membeli properti tersebut dalam sistem KPR-nya, maka pihak bank telah melanggar larangan syariah dalam menjual barang yang belum diterima sepenuhnya. Rasulullah saw bersabda: “Jangan engkau jual sesuatu yang bukan milikmu”. (HR. Abu Dawud, an-Nasai, Ibn Majah, at-Tirmidzi, Ahmad dan al-Baihaqi).

Demikianlah enam Jebakan kredit pemilikan rumah KPR Bank yang amat berbahaya dan selalu mengintai Anda saat akan melangsungkan akad KPR. Jebakan-jebakan tersebut telah banyak memakan korban terutama kaum Muslim yang dalam transaksinya tidak memperhatikan lagi koridor halal-haram secara syar’i.

Mungkin Anda berdalih, “Halah! Punya rumah saja sudahlah susah, apalagi ada enam jebakan KPR Bank segala. Lalu bagaimana?” Tak mengherankan bila Anda berdalih ataupun berkeluh kesah seperti itu, karena Rasulullah Saw telah mensinyalir: “Sesungguhnya tiap-tiap umat memiliki cobaan sendiri-sendiri, dan cobaan bagi umatku adalah persoalan harta.” (HR. Tirmidzi).

Oleh karena itu, kami bagian dari komunitas pengusaha Muslim ingin membantu Anda untuk memiliki properti idaman dan terhindar dari enam Jebakan KPR Bank tersebut. Kami menyediakan properti syariah, yang seluruh transaksi jual belinya –in syaa Allah– sesuasi dengan ketentuan syariah: Tanpa Bank, Tanda Denda, Tanpa Asuransi, Tanda Akad Ganda dan Tanpa Akad Bermasalah. Semoga perumahani syariah / properti syariah ini mendatangkan berkah dan memenuhi harapan umat akan kehidupan yang lebih baik dengan syariah.

Source DPI

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>